Pantai SEDARI KARAWANG, surga Exotis di Laut Utara Karawang



 
Karawang, JK-Selama ini kita menganal Kabupaten Karawang merupakan salah satu kabupaten penghasil padi yang ada di Provinsi Jawa Barat. Ternyata, dibalik potensi agrarisnya, Karawang menyimpan  sejumlah potensi keindahan alam yang mempesona.
Secara geografis, Kabupaten Karawang memang berada di kawasan Pantai Utara Pulau Jawa. Oleh karena itu, pastinya wisata pantai merupakan salah satu potensi keindahan alam yang ada di sini. Saat ini, wisata pantai yang sedang hits di Karawang adalah Pantai Sedari Karawang. Apa dan bagaimana pantai ini? berikut artikel singkatnya dari jendelakarawang.net



Sebelum dikembangkan menjadi kawasan wisata, lokasi Pantai Sedari Karawang dapat dibilang memiliki akses yang relatif sulit. Bahkan, warga / penduduk setempat menggunakan transportasi air berupa perahu untuk mobilisasinya. Jika melewati jalur darat, aksesnya lebih sulit dan memakan waktu yang lebih lama.
Melihat hal ini, Pemerintah Kabupaten Karawang mulai membenahi kawasan wisata ini. Pembenahan ini dimulai dengan membangun jalur darat menuju ke Pantai Sedari Karawang ini. Pembangunan jalan ini dilakukan dengan menggandeng salah satu perusahaan perminyakan nasional. Adapun jalan yang dibangun berupa jalan dengan bahan baku cor atau beton. Diharapkan dengan adanya jalur darat ini, keadaan ekonomi penduduk setempat menjadi lebih baik.
Sehubungan dengan dibukanya jalan darat menuju ke Pantai Sedari Karawang ini, maka terkuaklah pesona keindahan yang ada di kawasan pantai ini. Pantai ini memiliki karakter yang serupa dengan pantai – pantai yang ada di kawasan utara Pulau Jawa. Kontur pantai yang landai dengan ombak yang relatif tenang, membuat pantai ini cukup nyaman dan aman untuk dikunjungi.
Kelebihan lain yang dimiliki oleh pantai ini adalah hutan bakau. Hutan bakau atau yang dikenal dengan sebutan hutan mangrove ini memiliki peran untuk menjaga pantai agar tidak terkena abrasi. Selain itu, hutan bakau yang hijau juga menjadikan pemandangan pantai menjadi lebih menarik. Terlebih lagi dengan adanya satwa – satwa khas hutan bakau, tentunya membuat pemandangan menjadi lebih semarak.
Selain berwisata air, teman – teman juga dapat menyewa kapal untuk mengelilingi sungai yang ada di kawasan pantai ini. Kapal- kapal inilah yang dulu menjadi transportasi andalan penduduk setempat. Namun, sekarang perahu – perahu ini juga disewakan untuk pengunjung pantai ini.
Fasilitas yang ada di Pantai Sedari Karawang memanglah belum lengkap. Tidak heran, karena tempat wisata ini masih tergolong baru, sehingga tentunya masih terus dikembangkan dan dilengkapi fasilitas penunjangnya. Terlebih kawasan ini sebelumnya cukup sudah dijangkau. Namun jangan khawatir, untuk fasilitas dasar seperti toilet dan mushola sudah ada di tempat wisata ini.
Sesuai dengan namanya, Lokasi Pantai Sedari Karawang terletak di Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Adapun alamat lengkapnya adalah :Sedari, Cibuaya, Sedari, Cibuaya, Kabupaten Karawang, Jawa Barat 41356. Jika dihitung dari pusat Kota Karawang, lokasi Pantai Sedari berjarak kurang lebih 54 kilometer. Waktu tempuh untuk menuju lokasi pantai ini dari Kota Karawang kurang lebih 2 jam perjalanan dengan kendaraan pribadi.
Jalur yang dapat ditempuh untuk menuju ke lokasi Pantai Sedari Karawang ini cukup mudah. Jika  dari arah Kota Karawang, kita ambil rute ke arah Rengasdengklok. Setelah itu, kita lewati jl. Tugu Proklamasi yang masih berada di kawasan Rengasdengklok. Dari Jl. Tugu Proklamasi ini, kita ke jl Perintis kemerdekaan. Setelah itu, kita menuju ke jl Kalijaya hingga tiba di jl Raya Medangasem. Lalu, lanjutkan perjalanan ke jalan Pulau Putri hingga sampai ke jalan Raya Bolang. Kemudian teruskan perjalanan hingga sampai ke wisata Pantai Sedari Karawang.
Masih bingung? Tenaangg, kemajuan teknologi saat ini dapat mempermudah perjalanan kita. Kita dapat memanfaatkan GPS kita untuk menuju ke Pantai Sedari Karawang ini. 
Jangan khawatir, Indonesia itu kaya akan tempat wisata indah namun bersahabat untuk kantong kok. Tidak harus jauh – jauh untuk berlibur. Jangan sampai Gajah di pelupuk mata tidak tampak tapi kuman di seberang lautan terlihat. Kita tidak sadar bahwa banyak tempat wisata indah di sekitar kita, namun malah lebih mengamati tempat wisata yang ada di luar negeri yang belum tentu lebih indah daripada yang ada di Indonesia. (Opik)

 

 


Tidak ada komentar