Pengertian Karton Box/kardus, Tipe-tipe, Spesifikasi, dan Fungsinya


Apa itu Karton Box/kardus, Tipe-tipe, Spesifikasi, dan Fungsinya

Karton Box/Kardus terbuat dari bahan kertas, biasanya terbuat dari kertas kraft, yang dibuat menjadi bahan bergelombang dengan ketinggian gelombang / flute tertentu dengan satu atau dua sisi linerboard.

Karton Box/Kardus pada umumnya dipakai untuk kotak sebelah luar. Dipakai untuk melindungi produk selama penyimpanan di gudang, pengiriman, transportasi, dan distribusi. Kemasan ini terdiri dari 3 (tiga) lapisan, yaitu liner dalam, karton gelombang (flute), dan liner luar. Namun dapat juga dijumpai dalam 2 (dua) lapisan, yaitu liner dan karton gelombang saja. Kardus sifatnya lebih kuat dan lebih tebal daripada kertas biasa. Namun kelemahannya adalah rentan terhadap kelembapan dan tidak tahan air.

Pembuatan Karton Box/kardus ini pertama kali dipatenkan oleh Albert Jones di Inggris pada tahun 1856, untuk tipe single face (single sided) corrugated carton. Pada waktu itu, Jones menggunakan temuannya ini untuk membungkus botol dan lentera yang terbuat dari kaca. Mulai dari saat itu penggunaan dan perkembangan kardus mengalami perkembangan yang cukup pesat, seperti ditemukannya mesin produksi skala besar pada tahun 1874 oleh G. Smyth. Pada tahun yang sama juga Oliver Long mengembangkan kardus hasil design Albert Jones dengan membuat liner pada kedua sisi corrugated board seperti yang dikenal untuk kardus pada masa sekarang ini.

  • Tipe-tipe Karton Box/Kardus

Karton Box/Kardus yang beredar di pasaran umumnya terdiri dari 4 tipe, yaitu: 

1. Single face board, 

2. Single wall board, 

3. Double wall board, dan 

4. Triple wall board. 

 

 

  • Jenis-jenis Flute (gelombang) Karton Box/Kardus

Flute atau gelombang pada kardus dibagi berdasarkan ketinggian gelombangnya. Umumnya flute dibagi kedalam 5 jenis, yaitu: 

1. A Flute, 

2. B Flute,  

3. C Flute, 

 4. E Flute,

5. F Flute.  

6. AB / BA Flute

7. CB / BC Flute

Sekali lagi, yang membedakan kesemuanya flute tersebut adalah ukuran ketinggian gelombangnya yang mana hal ini disesuaikan dengan kebutuhan pemakaian.


  • Ketinggian Flute

Untuk mengetahui ketinggian masing-masing flute, di bawah ini disajikan gambar yang menunjukkan ukuran (dalam mm) untuk masing-masing tipe flute yang umum digunakan sebagai referensi dalam pembuatan Karton Box/Kardus.

1. A Flute, 1,6 mm

2. B Flute,  1,4 mm

3. C Flute, 1,5 mm

4. E Flute, 1,3

5. AB / BA Flute 3,0 mm

6. CB / BC Flute 2,9 mm

 

  • Hal-hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Membuat Karton Box/Kardus

Karton Box/Kardus pada umumnya mempunyai arah gelombang yang vertical untuk memberikan ketahanan tumpukan/stacking yang maksimum. Sedangkan ketahanan lainnya seperti ketahanan robek atau bursting strength seringkali diabaikan bila produk yang dikemas cukup kuat. Ketahanan robek ini juga akan mempengaruhi fungsi kardus ini dalam melindungi kemasan utama.

Selain jenis flute, juga perlu diperhatikan apakah diperlukan single face, single wall, atau double wall material. Jenis kertas yang dipakai juga akan mempengaruhi ketahanan terhadap bursting strength. Untuk mendapatkan bursting strength yang lebih baik, sebaiknya digunakan kertas kraft sebagai liner-nya.

Untuk mendesain Karton Box/kardus luar/corrugated outer, perlu diperhatikan jenis produk yang akan dimasukkan ke corrugated outer. Apakah produk itu self supported atau produk tersebut harus dilindungi dari tekanan karena mudah rusak oleh hentakan atau tekanan? Bila produknya self supported seperti botol dan jeriken plastik, Anda tidak perlu menggunakan bahan corrugated board yang kuat, cukup dengan single wall, dengan menggunakan jenis kertas dengan substance tertentu.

Tetapi apabila barang yang akan dimasukkan Karton Box/kardus adalah barang yang relative lunak dan mudah rusak, perlu dipikirkan apakah single wall cukup melindungi produknya. Bila tidak, harus digunakan double wall. Misalnya, produk kecap manis atau minyak dalam kemasan botol gelas harus menggunakan double wall. Produk sabun mandi cair dengan kemasan pouch, di dalamnya diperlukan proteksi dengan menggunakan interlock divider atau separasi, tetapi corrugated outer-nya cukup single wall.

Cetakan pada Karton Box/karton gelombang harus memuat informasi yang penting dan diperlukan untuk pengiriman, bahkan untuk produk ekspor ada aturan tertentu dari Negara pengimpor yang harus dicetak pada karton gelombang. Cetakan harus dibuat sedemikian rupa untuk menunjang semua proses pergudangan, pengiriman produk, dan distribusi.

Agar mudah dikenali, design pada Karton Box/Kardus harus memuat:

  1. Nama merek dan produknya
  2. Jumlah barang per Karton Box/Kadus dan bagaimana konfigurasi pengepakannya. Misal 1 kardus berisi 24 botol, dan setiap 6 botol dikemas dalam tray yang dibungkus dengan plastic film. Maka cara penulisannya adalah 4 x 6 x 100ml
  3. Barcode
  4. Code produk

 

TERIMA PESANAN SEGALA JENIS KARTON BOX / KARDUS UKURAN SESUAI PERMINTAAN

Permintaan Penawaran WhatsApp : H. Dian Kurnia - 085218423741 

Tidak ada komentar