MITOS SITU KAMOJING KARAWANG


Situ (Danau) Kamojing adalah salah satu tempat wisata alam yang ada diantara Karawang dan Purwakarta. Situ Kamojing adalah tempat wisata yang memiliki pemandangan yang cukup eksotis dan menarik. Lokasinya Situ Kamojing terletak di Desa Kamojing, Kocamatan Cikampek, Kabupaten Karawang, Jawa Barat.

Luas Situ Kamojing sekitar 5 hektar. Pada musim hujan, air Situ biasa akan meluap keatas jalan. Namun padam musim kemarau, air situ menjadi kering dan biasanya dimanfaatkan oleh warga sekitar untuk bercocok tanam. Kalau dibandingkan dengan Danau Cipule, Situ Kamojing terbilang kecil.

Fasilitas yang ada di Situ Kamojing tidak terawat dengan baik. Situ terlihat sangat biasa. Belum adanya pengelola yang membuat Situ Kamojing sebagai salah satu objek wisata di Karawang. Padahal potensi wisata yang ada di Situ Kamojing bisa membuatnya sebagai wisata andalan di Karawang. Karena memiliki pemandangan yang masih alami.
Selain menikmati pemandangan yang indah, kita juga bisa menikmati wisata kuliner dan menyantapnya di tepian situ. Salah satu menu menarik yang menjadi idaman adalah hidangan sate maranggi yang ditemani oleh es kelapa muda. Jajanan murah meriah yang pas untuk disantap bersama proses tenggelamnya matahari sore bersama keluarga dan sahabat.

Mitos Tentang Situ Kamojing

Ada sebuah mitos yang beredar di masyarakat sekitar Situ Kamojing. Banyak yang mempercayai kalau di dalam Situ Kamojing ada seekor buaya buntung. Memang, kalau kita berkunjung ke Situ Kamojing suasana mistis bisa kita rasakan ketika berada di area sekitar situ. Namun untuk benar atau tidaknya hal itu hanya cerita dari mulut ke mulut yang masih belum bisa dibuktikan secara rasional.
Situ Kamojing akan ramai dikunjungi pada akhir pekan. Keadaan situ ini akan sangat ramai dengan kerumunan muda mudi yang berkumpul. Sekedar hanya untuk berkumpul dan bersanda gurau sambil menikmati suasana di sekitar Situ Kamojing, hal ini membuat banyak pedagang yang hadir menjajahkan dagangannya.
Situ Kamojing terletak diantara dua desa. Namun secara geografis lokasi Situ Kamojing di Desa Dawuan, Kecamatan Cikampek, Kabupaten Karawang. Atau berjarak 22 km dari Kota Karawang . Dengan jarak kira kira sekitar 8 Km dari gerbang tol Cikampek, Karawang. Situ ini berada di perbatasan dengan Kabupaten Purwakarta dan Kabupaten Karawang. Disitu ini kita akan bisa menikmati berbagai gedung pencakar langit yang menjadi daya tarik tersendiri untuk menikmati malam disini. Sehingga sangat pas untuk dijadikan obyek bercengkerama dan mengobrol dengan keluarga dan sahabat.
Terdapat pintu air disebelah kiri dan kanan area situ, pintu air ini berfungsi untuk mengalirkan air ke persawahan warga ketika musim kemarau datang. Tidak ada retribusi biaya untuk memasuki area Situ Kamojing, alias gratis. Kita bisa menikmati keindahan Situ Kamojing tanpa harus membayar, tapi kalau mau wisata kuliner tetap harus bayar ya, hehe.




Tidak ada komentar