Refleksi dan Evaluasi Pengawasan Pemilu Partisipatif Bersama Santri Di Kabupaten Karawang


Karawang, JK-Mengutip dari apa yang dibicarakan oleh Ketua Bawasda (Badan Pengawas Pemilu Daerah) Propinsi Jawa Barat Loly Suhenti saat menyampaikan sambutannya, Bahwa santri bisa ikut andil dalam mengawasi jalannya pemilu, khususnya Pilkada Kabupaten Karawang di Tahun 2020 mendatang, sambutan tersebut Ia kemukakan di acara " Refleksi dan Evaluasi Pengawasan Pemilu Partisipatif Bersama Santri Di Kabupaten Karawang."Yang dihadiri oleh Ketua Bawaslu Kabupaten beserta jajarannya,  juga para santri dari seluruh Kabupaten Karawang, acara tersebut diselenggarakan Kamis Siang tadi (26/12) di salah satu hotel di Kabupaten Karawang.


Menurut Loly Bawaslu sendiri yang tugasnya yang meliputi Pencegahan, Pengawasan hingga penindakan membutuhkan mitra kerja yang profesional dan memliki komitmen yang bisa dipertanggung jawabkan. 

Saat ini Loly sangat percaya dengan santri sebagai mitra untuk menunjang tugasnya tersebut,  karena menurutnya kepribadian dari seorang santri memiliki komitmen dan konsekuensi sekaligus kepatuhannya yang tinggi terhadap ulama, terlebih tehadap para gurunya. 

"Komitmen tersebut merupakan barang yang sangat mahal harganya di PILKADA 2020 nanti," ungkap Loly. 

Kemudian menurutnya juga,  karena sosok santri sudah biasa diawasi oleh para Kiayi, mungkin mereka bisa menjadi pengawas yang baik. 

Selain para santri, Loly juga mengungkapkan, bahwa Bawaslu saat ini menggandeng Tokoh - tokoh dan masyarakat dari lintas agama, hal ini menurutnya juga merupakan salah satu upaya untuk menepis kampanye - kampanye yang menggunakan SARA sebagai alat politiknya. 

Propinsi Jawa Barat yang memiliki jumlah DPT (Daftar Pemilih Tetap) terbanyak dan khususnya Kabupaten Karawang yang dinamika politiknya sangat cepat, Ia kira menjadi salah satu faktor bagi Bawasda untuk memberikan perhatian khusus, terutama dalam hal pengawasan. 

Loly juga berharap agar para santri ini bisa menjalankan tugasnya dengan baik, juga menjadikan Bawaslu ini sebagai mitra.

"Jangan sungkan untuk main ke kantor dan bersilaturahmi dengan para anggota Bawaslu," tutur Loly kepada para santri yang hadir pada saat itu.(opik)

Tidak ada komentar