Ada 2 Hari Besar di Bulan Agustus ini, ini Makan dan Pandangan Dansektor 18 Satgas Citarum Harum



Karawang-JK, Di bulan Agustus ini Bangsa Indonesia yang merupakan negara yang memiliki penduduk mayoritas Umat Islam di Dunia, bukan hanya memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia saja, namun Bulan Agustus tahun 2021 ini bertepatan dengan tahun baru Islam 1443 Hijriyah, seperti inilah Komandan Sektor-18 Satgas Citarum Harum Kodam III Siliwangi dalam memaknai Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang bertepatan dengan masuknya Tahun Baru Hijriyah 1443.



Menurut Komandan yang memiliki nama lengkap Kolonel.Infanteri.Moch Ridwan,.S.Ip,. Bahwa makna Tahun Baru Islam merupakan sebuah moment besar sekaligus pengingat peristiwa penting saat Nabi Besar Muhammad S.A.W berhijrah dari Kota Mekkah ke Kota Madinah, yang kemudian dari moment tersebut melahirkan Tahun Hijriyah dan ditetapkanlah pada saat itu sebagai Tahunnya Ummat Islam yang berpatokan pada perputaran orbit Bulan pada Bumi.



Selain itu, Tahun baru Hijriyah juga bisa dimaknai sebagai semangat perjuangan Ummat Islam yang tidak pernah mengenal rasa lelah dan putus asa dalam menyebarkan agama Islam oleh Rasulallah Muhammad S.A.W dengan para sahabat - sahabatnya.



Tahun Hijriyah dalam pandangan Komandan yang berpangkat Perwira menengah ini, bisa dijadikan moment perubahan, dipergunakan sebagai waktu yang tepat untuk berintropeksi diri, bermuhasabah, meninggalkan hal - hal yang buruk dan menggantinya dengan semua kebaikan.


Sedangkan, Hari besar Bangsa Indonesia di Bulan Agustus ini, tepatnya di tanggal 17 Agustus, yang merupakan Hari Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) menurut Moch Ridwan, bukanlah akhir perjuangan dari segenap bangsa Indonesia, namun seharusnya moment kemerdekaan ini dikatakannya lagi dapat dijadikan sebagai moment pemersatu bangsa, disertai dengan menumbuhkan rasa saling menghargai dan saling menghormati sesama bangsa Indonesia yang kaya akan suku bangsa, budaya bahkan bahasanya.


"Hal tersebut dapat terlihat secara kasat mata, di Hari Kemerdekaan tahun ini Pesawat Kenegaraan Republik Indonesia telah dirubah dari yang tadinya berwarna biru menjadi berwana Merah Putih, sebagai simbol kebanggan segenap rakyat Indonesia,"pungkasnya.

Tidak ada komentar