Syekh Quro Karawang "QUROTUL 'AIN"
Karawang, JEKA : Syekh Quro
adalah Syekh Qurotul Ain atau Syeh Hasanudin atau Syekh Mursahadatillah.
Menurut naskah Purwaka Caruban Nagari, Syekh Quro adalah seorang ulama.
Dia adalah putra ulama besar Perguruan Islam dari negeri Campa yang
bernama Syekh Yusuf Siddik yang masih ada garis keturunan dengan Syekh Jamaluddin Akbar al-Husaini
serta Syekh Jalaluddin ulama besar Mekah. Jika di tarik dan di lihat
dari silsilah keturunan, Syech Hasanudin atau Syekh Quro masih ada garis
keturunan dari Sayidina Husein Bin Saiyidina Ali r.a. menantu dari Nabi
Muhammad SAW. dari keturunan Dyah Kirana ( Ibunya Syech Hasanudin atau
Syekh Quro ). Selain itu Syech Hasanudin atau Syekh Quro juga masih
suadara seketurunan dengan Syech Nurjati Cirebon dari generasi ke – 4
Amir Abdullah Khanudin.
Sebelum berlabuh di Pelabuhan Karawang, Syekh Quro datang di Pelabuhan Muara Jati, daerah Cirebon pada tahun 1338 Saka atau tahun 1416 Masehi. Syech Nurjati mendarat di Cirebon pada tahun 1342 Saka atau tahun 1420 Masehi atau 4 tahun setelah pendaratan Syech Hasanudin atau Syekh Quro di Cirebon. Kedatangan Syech Hasanudin atau Syekh Quro di Cirebon, disambut baik oleh Syahbandar atau penguasa Pelabuhan Muara Jati Cirebon yang bernama Ki Gedeng Tapa.
Maksud dan tujuan kedatangan Syech Hasanudin ke Cirebon adalah untuk menyebarkan ajaran Agama Islam kepada Rakyat Cirebon. Syech Hasanudin ketika di Cirebon, namanya disebut dengan sebutan Syech Mursahadatillah oleh Ki Gedeng Tapa dan para santrinya atau rakyat Cirebon.
Setelah sekian lama di Cirebon, akhirnya misi Syech Hasanudin untuk menyebarkan ajaran Agama Islam di Pelabuhan Cirebon rupanya diketahui oleh Raja Pajajaran yang bernama Prabu Angga Larang. Namun disayangkan misi Syech Hasanudin ini oleh Prabu Angga Larang di tentang dan dilarang, dan kemudian Prabu Angga Larang mengutus utusannya untuk menghentikan misi penyebaran Agama Islam yang dibawakan oleh Syech Hasanudin dan mengusir Syech Hasanudin atau Syech Mursahadatillah dari Tanah Cirebon.
Ketika utusan Prabu Angga Larang sampai di Pelabuhan Cirebon, maka utusan itu langsung memerintahkan kepada Syech Hasanudin atau Syech Mursahadatillah untuk segera menghentikan dakwah dan penyebaran Agama Islam di Pelabuhan Cirebon. Agar tidak terjadi pertumpahan darah, maka oleh Syech Hasanudin atau Syech Mursahadatillah atau Syekh Quro perintah yang dibawakan oleh utusan dari Raja Pajajaran Prabu Angga Larang itu disetujuinya, dan Syech Hasanudin atau Syech Mursahadatillah seraya berkata kepada utusan Raja Pajajaran Prabu Angga Larang : “ Meskipun dakwah dan penyebaran ajaran Agama Islam ini dilarang, kelak dari keturunan raja Pajajaran akan ada yang menjadi Waliyullah meneruskan perjuangan penyebaran ajaran Agama Islam ”. Peristiwa ini sontak sangat disayangkan oleh Ki Gedeng Tapa dan para santri atau rakyat Cirebon, karena Ki Gedeng Tapa sangat ingin berguru kepada Syech Hasanudin atau Syech Mursahadatillah atau Syekh Quro untuk memperdalam ajaran Agama Islam.
Ketika itu juga Syech Hasanudin atau Syech Mursahadatillah pamit kepada Ki Gedeng Tapa Muara Jati Cirebon untuk pergi ke Malaka, maka Ki Gedeng Tapa Muara Jati Cirebon menitipkan anak kandung Putri kesayangannya yang bernama Nyi Subang Larang, untuk ikut berlayar bersama Syech Hasanudin atau Syech Mursahadatillah ke Malaka.
Sebelum berlabuh di Pelabuhan Karawang, Syekh Quro datang di Pelabuhan Muara Jati, daerah Cirebon pada tahun 1338 Saka atau tahun 1416 Masehi. Syech Nurjati mendarat di Cirebon pada tahun 1342 Saka atau tahun 1420 Masehi atau 4 tahun setelah pendaratan Syech Hasanudin atau Syekh Quro di Cirebon. Kedatangan Syech Hasanudin atau Syekh Quro di Cirebon, disambut baik oleh Syahbandar atau penguasa Pelabuhan Muara Jati Cirebon yang bernama Ki Gedeng Tapa.
Maksud dan tujuan kedatangan Syech Hasanudin ke Cirebon adalah untuk menyebarkan ajaran Agama Islam kepada Rakyat Cirebon. Syech Hasanudin ketika di Cirebon, namanya disebut dengan sebutan Syech Mursahadatillah oleh Ki Gedeng Tapa dan para santrinya atau rakyat Cirebon.
Setelah sekian lama di Cirebon, akhirnya misi Syech Hasanudin untuk menyebarkan ajaran Agama Islam di Pelabuhan Cirebon rupanya diketahui oleh Raja Pajajaran yang bernama Prabu Angga Larang. Namun disayangkan misi Syech Hasanudin ini oleh Prabu Angga Larang di tentang dan dilarang, dan kemudian Prabu Angga Larang mengutus utusannya untuk menghentikan misi penyebaran Agama Islam yang dibawakan oleh Syech Hasanudin dan mengusir Syech Hasanudin atau Syech Mursahadatillah dari Tanah Cirebon.
Ketika utusan Prabu Angga Larang sampai di Pelabuhan Cirebon, maka utusan itu langsung memerintahkan kepada Syech Hasanudin atau Syech Mursahadatillah untuk segera menghentikan dakwah dan penyebaran Agama Islam di Pelabuhan Cirebon. Agar tidak terjadi pertumpahan darah, maka oleh Syech Hasanudin atau Syech Mursahadatillah atau Syekh Quro perintah yang dibawakan oleh utusan dari Raja Pajajaran Prabu Angga Larang itu disetujuinya, dan Syech Hasanudin atau Syech Mursahadatillah seraya berkata kepada utusan Raja Pajajaran Prabu Angga Larang : “ Meskipun dakwah dan penyebaran ajaran Agama Islam ini dilarang, kelak dari keturunan raja Pajajaran akan ada yang menjadi Waliyullah meneruskan perjuangan penyebaran ajaran Agama Islam ”. Peristiwa ini sontak sangat disayangkan oleh Ki Gedeng Tapa dan para santri atau rakyat Cirebon, karena Ki Gedeng Tapa sangat ingin berguru kepada Syech Hasanudin atau Syech Mursahadatillah atau Syekh Quro untuk memperdalam ajaran Agama Islam.
Ketika itu juga Syech Hasanudin atau Syech Mursahadatillah pamit kepada Ki Gedeng Tapa Muara Jati Cirebon untuk pergi ke Malaka, maka Ki Gedeng Tapa Muara Jati Cirebon menitipkan anak kandung Putri kesayangannya yang bernama Nyi Subang Larang, untuk ikut berlayar bersama Syech Hasanudin atau Syech Mursahadatillah ke Malaka.
Keberadaan di Karawang
Syekh Hasanudin atau Syekh Mursahadatillah berada di Pelabuhan Bunut Kertayasa ( Kampung Bunut Kelurahan Karawang Kulon Kecamatan Karawang Barat Kabupaten Karawang sekarang ini ). Di Karawang dikenal sebagai Syekh Quro karena dia adalah seorang yang hafal Al-Quran (hafidz) dan sekaligus qori yang bersuara merdu. Sumber lain mengatakan bahwa Syekh Quro datang di Jawa tepatnya di Karawang pada 1418 Masehi dengan menumpang armada Laksamana Cheng Ho yang diutus Kaisar Tiongkok Cheng Tu atau Yung Lo (raja ketiga jaman Dinasti Ming). Tujuan utama perjalanan Cheng Ho ke Jawa dalam rangka menjalin persahabatan dengan raja-raja tetangga Tiongkok di seberang lautan. Armada tersebut membawa rombongan prajurit 27.800 orang yang salah satunya terdapat seorang ulama yang hendak menyebarkan agama Islam di Pulau Jawa. Mengingat Cheng Ho seorang muslim, permintaan Syekh Quro beserta pengiringnya menumpang kapalnya dikabulkan. Syekh Quro beserta pengiringnya turun di pelabuhan Pura Dalem Karawang, sedangkan armada Tiongkok melanjutkan perjalanan dan berlabuh di Pelabuhan Muara Jati Cirebon.
Di Kabupaten Karawang pada tahun 1340 Saka (1418 M) mendirikan pesantren dan sekaligus masjid di Pelabuhan Bunut Kertayasa, Karawang Kulon Karawang Barat
sekarang, diberi nama Pondok Quro yang artinya tempat untuk belajar Al
Quran. Syekh Quro adalah penganut Mahzhab Hanafi, yang datang bersama
para santrinya antara lain : Syekh Abdul Rohman, Syekh Maulana Madzkur,
dan Nyai Subang Larang. Syekh Quro kemudian menikah dengan Ratna Sondari
putrinya dari Ki Gedeng Karawang dan lahir seorang putra yang bernama
Syekh Akhmad yang menjadi penghulu pertama di Karawang. Syekh Quro juga
memiliki salah satu santri yang sangat berjasa dalam menyebarkan ajaran
Agama Islam di Karawang yaitu bernama Syech Abdiulah Dargom alias Syech
Darugem bin Jabir Modafah alias Syech Maghribi keturunan dari Sayyidina
Usman bin Affan r. a. Yang kelak disebut dengan nama Syekh Bentong alias Tan Go. Syekh Bentong memiliki seorang istri yang bernama Siu Te Yo dan dia mempunyai seorang putri yang diberi nama Siu Ban Ci.
Ketika usia anak Syech Quro dan Ratna Sondari sudah beranjak dewasa,
akhirnya Syech Quro berwasiat kepada santri – santri yang sudah cukup
ilmu pengetahuan tentang ajaran Agama Islam seperti : Syekh Abdul Rohman
dan Syekh Maulana Madzkur di tugaskan untuk menyebarkan ajaran Agama
Islam ke bagian selatan Karawang, tepatnya ke Kecamatan Telukjambe,
Ciampel, Pangkalan, dan Tegalwaru sekarang. Sedangkan anaknya Syech Quro
dengan Ratna Sondari yang bernama Syech Ahmad, ditugaskan oleh sang
ayah meneruskan perjuangan menyebarkan ajaran Agama Islam di Pesantren
Quro Karawang atau Masjid Agung Karawang sekarang.
Sedangkan sisa santrinya yang lain yakni Syech Bentong ikut bersama
Syech Quro dan Ratna Sondari istrinya pergi ke bagian Utara Karawang
tepatnya ke Pulo Bata Desa Pulokalapa Kecamatan Lemahabang Kabupaten
Karawang sekarang untuk menyebarkan ajaran Agama Islam dan bermunajat
kepada Allah swt. Di Pulo Bata Syech Quro dan Syech Bentong membuat
sumur yang bernama sumur Awisan, kini sumur tersebut masih dipergunakan
sampai sekarang.
Waktu terus bergulir usia Syech Quro sudah sangat uzur, akhirnya
Syech Quro Karawang meninggal dunia dan dimakamkan di Pulo Bata Desa
Pulokalapa Kecamatan Lemahabang Kabupaten Karawang. Sebelum meninggal
dunia Syech Quro berwasiat kepada santri – santrinya berupa : “Ingsun
Titip Masjid Langgar Lan Fakir Miskin Anak Yatim Dhuafa”.
Maka penerus perjuangan penyebaran ajaran Agama Islam di Pulo Bata,
diteruskan oleh Syech Bentong sampai akhir hayatnya Syech Bentong.
Makam Syech Quro Karawang dan Makam Syech Bentong ditemukan oleh
Raden Somaredja alias Ayah Djiin alias Pangeran Sambri dan Syech Tolha
pada tahun 1859 Masehi atau pada abad ke – 19. Raden Somaredja alias
Ayah Djiin alias Pangeran Sambri dan Syech Tolha, di tugaskan oleh
Kesultanan Cirebon, untuk mencari makam Maha guru leluhur Cirebon yang
bernama Syech Quro.
Bukti adanya makam Syech Quro Karawang di Pulo Bata Desa Pulokalapa
Kecamatan Lemahabang Kabupaten Karawang, di perkuat lagi oleh Sunan
Kanoman Cirebon yaitu Pangeran Haji Raja Adipati Jalaludin saat
berkunjung ke tempat itu dan surat, penjelasan sekaligus pernyataan dari
Putra Mahkota Pangeran Jayakarta Adiningrat XII Nomor :
P-062/KB/PMPJA/XII/11/1992 pada tanggal 05 Nopember 1992 yang di
tunjukan kepada Kepala Desa Pulokalapa Kecamatan Lemahabang Kabupaten
Karawang.
Keterkaitan Syekh Quro dengan Raden Pamanah Rasa
Setelah beberapa waktu berada di pelabuhan Karawang, Syekh Hasanuddin
menyampaikan dakwahnya di musholla yang dibangunnya dengan penuh
keramahan. Uraiannya tentang agama Islam mudah dipahami, dan mudah pula
untuk diamalkan, karena ia bersama santrinya langsung memberi contoh.
Pengajian Al-Qur’an
memberikan daya tarik tersendiri, karena ulama besar ini memang seorang
Qori yang merdu suaranya. Oleh karena itu setiap hari banyak penduduk
setempat yang secara sukarela menyatakan masuk Islam.
Berita tentang dakwah Syeh Hasanuddin (yang kemudian lebih dikenal
dengan nama Syekh Quro) di pelabuhan Karawang rupanya telah terdengar
kembali oleh Prabu Angga Larang, yang dahulu pernah melarang Syekh Quro
melakukan kegiatan yang sama tatkala mengunjungi pelabuhan Muara Jati
Cirebon. Sehingga ia segera mengirim utusan yang dipimpin oleh sang
putra mahkota yang bernama Raden Pamanah Rasa
untuk menutup Pesantren Syekh Quro. Namun tatkala putra mahkota ini
tiba di tempat tujuan, rupanya hatinya tertambat oleh alunan suara merdu
ayat-ayat suci Al-Qur’an yang dikumandangkan oleh Nyai Subang Larang. Putra Mahkota (yang setelah dilantik menjadi Raja Pajajaran bergelar Sri Baduga Maharaja atau Prabu Siliwangi)
itu pun mengurungkan niatnya untuk menutup Pesantren Quro, dan tanpa
ragu-ragu menyatakan isi hatinya untuk memperistri Nyi Subang Larang
yang cantik itu dan halus budinya.
Lamaran tersebut rupanya diterima oleh Nyai Subang Larang dengan
syarat mas kawinnya haruslah berupa “Bintang Saketi Jejer Seratus”,
yaitu simbol dari “tasbih” yang berada di Negeri Makkah.
Sumber lain menyatakan bahwa hal itu merupakan kiasan bahwa sang Prabu haruslah masuk Islam, dan patuh dalam melaksanakan syariat Islam.
Selain itu, Nyai Subang Larang juga mengajukan syarat, agar anak-anak
yang akan dilahirkan kelak haruslah ada yang menjadi Raja. Semua hal
tesebut rupanya disanggupi oleh Raden Pamanah Rasa, sehingga beberapa
waktu kemudian pernikahan pun dilaksanakan, bertempat di Pesantren Quro
(atau Mesjid Agung Karawang sekarang) dimana Syekh Quro sendiri
bertindak sebagai penghulunya.
Raden Pamanah Rasa dan Nyai Subang Larang dikaruniai 3 orang putra yang bernama :
1. Raden Walangsungsang atau Pangeran Cakrabuana atau Cakraningrat ( Yang lahir pada tahun 1345 Saka atau tahun 1423 Masehi ).
2. Nyi Mas Rara Santang atau Syarifah Muda’im ( Yang lahir pada tahun 1348 Saka atau tahun 1426 Masehi ).
3. Raja Sangara atau Raden Kian Santang ( Yang lahir pada tahun 1350 Saka atau tahun 1428 Masehi ).
Ketika anak – anak Nyi Subang Larang dengan Raden Pamanah Rasa telah
menginjak usia dewasa dan telah mendapat bimbingan dari Waliyullah Syech
Quro, maka ketiga anak – anak dari Nyi Subang Larang dengan Raden
Pamanah Rasa itu ditugaskan oleh Syech Quro untuk lebih memperdalam lagi
ajaran Agama Islam ke Pelabuhan Cirebon untuk berguru kepada Syech
Nurjati Cirebon.
Setelah cukup mendapatkan bimbingan dari Syech Nurjati Cirebon, maka
ketiga anak – anak dari Nyi Subang Larang dengan Raden Pamanah Rasa
diberitugas oleh Syech Nurjati Cirebon, adik bungsu dari Nyi Mas Rara
Santang dan Raden Walasungsang yang bernama Raden Sangara atau Raden
Kian Santang bertugas menyebarkan dan mengajarkan ajaran Agama Islam di
Barat Cirebon yakni ke wilayah Limbangan Kabupaten Garut, sedangkan Nyi
Mas Rara Santang bersama kakaknya Raden Walasungsang ditugaskan untuk
berhaji dan sebelum berhaji disarankan terlebih dahulu menemui Syekh
Ibrahim di Campa untuk mendapatkan bimbingan.
Ketika setelah mendapatkan bimbingan dari Syech Ibrahim, maka Raden
Walasungsang dan Nyi Mas Rara Santang ditugaskan untuk melanjutkan
perjalanannya ke Mekah. Selama di Mekah, keduanya tinggal di pondok
Syech Bayanullah, adik Syekh Nurjati dan berguru kepada Syekh Abuyazid.
Setelah selesai melaksanakan ibadah haji, maka kakanya Nyi Mas Rara
Santang yang bernama Raden Walasungsang dipersunting oleh Nyi Indang
Geulis atau Endang Ayu di Mekah, sedangkan adiknya yang bernama Nyi Mas
Rara Santang ketika di Mekah dipersunting oleh raja Mesir yang bernama
Maulana Sultan Mahmud atau Syarif Abdullah.
Kemudian setelah berhaji, Raden Walasungsang beserta istrinya Nyi
Indang Geulis atau Endang Ayu pulang ke negeri Caruban atau Cirebon,
sedangkan adiknya yang bernama Nyi Mas Rara Santang di bawa oleh
suaminya ke negeri Mesir.
Nyi Mas Rara Santang setelah menikah dengan Maulana Sultan Mahmud
atau Syarif Abdullah namanya diganti menjadi Syarifah Muda’im. Hasil
dari pernikahan antara Nyi Mas Rara Santang dengan Maulana Sultan Mahmud
atau Syarif Abdullah, dikaruniai 2 orang anak yakni :
1. Syarif Hidayatullah ( Lahir di Mesir pada tahun 1372 Saka atau tahun 1450 Masehi ).
2. Syarif Nurullah ( Lahir di Mesir pada tahun 1375 Saka atau tahun 1453 Masehi ).
Waktu terus berganti, setelah Syarif Abdullah ayahnya Syarif
Hidayatullah dan Syarif Nurullah meninggal dunia, maka jabatan Sultan
Mesir diserahkan kepada Syarif Nurullah, sedangkan Syarif Hidayatullah
dan ibundanya yang bernama Nyi Mas Rara Santang meneruskan menimba ilmu
agama Islam dari ulama Mekah dan Bagdad. Setelah cukup menimba ilmu
Agama Islam, tepatnya pada tahun 1397 Saka atau tahun 1475 Masehi Syarif
Hidayatullah bersama ibundanya pulang ke Negeri Caruban atau Cirebon
bermaksud untuk menyebarkan Agama Islam dan bertemu kepada Eyang dan
Uwaknya Syarif Hidayatullah yakni kepada Ki Gedeng Tapa ( Eyang Syarif
Hidayatullah ) dan Raden Walasungsang atau Pangeran Cakrabuana atau
Cakraningrat ( Uwak Syarif Hidayatullah ).
Sesampainya di Pelabuhan Muara Jati Cirebon, mereka disambut baik
oleh Ki Gedeng Tapa yang merupakan Eyangnya Syarif Hidayatullah dan
Raden Walasungsang yang merupakan Uwaknya Syarif Hidayatullah, pada
waktu itu Raden Walasungsang menjadi Penguasa Cirebon yang bergelar
Pangeran Cakrabuana atau Cakraningrat. Akhirnya setelah lama di Cirebon
Syarif Hidayatullah mendapatkan bimbingan dan arahan dari Ki Gedeng Tapa
dan Raden Walasungsang untuk menjadi Santri Baru guna menimba lebih
dalam lagi ilmu dan memperdalam Agama Islam ke Paguron Gunung Jati di
Pasambangan Jati yang dipimpin oleh Syech Nurjati Cirebon.
Waktu terus bergulir setelah memperdalam Agama Islam di Paguron
Gunung Jati Syech Nurjati Cirebon, Syarif Hidayatullah menerima wejangan
– wejangan yang berharga dari Syekh Nurjati yakni : ”Ketahuilah bahwa
nanti di zaman akhir, banyak orang yang terkena penyakit. Tiada
seorangpun yang dapat mengobati penyakit itu, kecuali dirinya sendiri
karena penyakit itu terjadi akibat perbuatannya sendiri. Ia sembuh dari
penyakit itu, kalau ia melepaskan perbuatannya itu.
Dan ketahuilah bahwa nanti di akhir zaman, banyak orang yang
kehilangan pangkat keturunannya, kehilangan harga diri, tidak mempunyai
sifat malu, karena dalam cara mereka mencari penghidupan sehari-hari
tidak baik dan kurang berhati-hati. Oleh karena itu sekarang engkau
jangan tergesa-gesa mendatangi orang-orang yang beragama Budha.
Baiklah engkau sekarang menemui Sunan Ampel di Surabaya terlebih
dahulu dan mintalah fatwa dan petunjuk dari dia untuk bekal usahamu itu.
Ikutilah petunjuk dia, karena pada saat ini di tanah Jawa baru ada dua
orang tokoh dalam soal keislaman, ialah Sunan Ampel di Surabaya dan
Syech Quro di Karawang. Mereka berdua masing-masing menghadapi Ratu
Budha, yakni Pajajaran Siliwangi dan Majapahit. Maka sudah sepatutnyalah
sebelum engkau bertindak, datanglah kepada dia terlebih dahulu.
Begitulah adat kita orang Jawa harus saling menghargai, menghormati
antara golongan tua dan muda.
Selain itu, dalam usahamu nanti janganlah kamu meninggalkan dua macam
sembahyang sunah, yaitu sunah duha dan sunah tahajud. Di samping itu,
engkau tetap berpegang teguh pada empat perkara, yakni syare’at,
hakikat, tarekat, dan ma’rifat, serta wujudkanlah atau bentuklah
masyarakat yang Islamiyah”.
Waktu terus berganti, ketika Syech Nurjati meninggal dunia maka
pemimpin Paguron Gunung Jati dipimpin oleh anak bungsunya Syech Nurjati
Cirebon yang bernama Syekh Datuk Khafid.
Hari berganti hari tahun berganti tahun, usia Syekh Datuk Khafid
sudah sangat uzur, maka kedudukan atau pimpinan Paguron Gunung Jati
digantikan atau di pimpin oleh Syarif Hidayatullah. Ketika menggantikan
kedudukan pimpinan Paguron Gunung Jati sebagai guru dan da’i di Amparan
Jati Syarif Hidayatullah diberi julukan Syekh Maulana Jati atau
disingkat Syekh Jati.
Paguron Gunung Jati yang di pimpin oleh Syarif Hidayatullah ternyata
berkembang pesat, banyak santri – santri di luar Cirebon untuk bersantri
atau berguru di Paguron Gunung Jati. Perkembangan ini terus berlanjut
tatkala Syarif Hidayatullah menggantikan uwaknya yakni Raden
Walasungsang yang usianya sudah sangat uzur untuk memimpin Kerajaan
Cirebon.
Ketika memimpin Kerajaan Cirebon Syarif Hidayatullah diberi gelar
Susuhunan atau Sunan Gunung Jati Cirebon. Syarif Hidayatullah setelah
memimpin Kerajaan atau Kesultanan Cirebon, ia menikah dengan Nyai Kawunganten adik dari Bupati Banten. Dari pernikahan antara Syarif Hidayatullah dengan Nyai Kawunganten, dikaruniai 2 orang putra, yaitu :
1. Ratu Wulung Ayu.
2. Maulana Hasanuddin, yang kelak menjadi Sultan Banten I.
Pada tahun tahun 1402 Saka atau tahun 1480 Masehi atau semasa dengan
Wali Songo Syarif Hidayatullah atau Sunan Gunung Jati Cirebon, membangun
sebuah Masjid yang bernama Masjid Sang Cipta Rasa. Masjid ini dibangun
atas kerja sama antara Sunan Gunung Jati dengan Sunan Kalijaga. Nama
masjid ini diambil dari kata " Sang " yang bermakna keagungan, " Cipta "
yang berarti dibangun, dan " Rasa " yang berarti digunakan. Masjid
Agung Sang Cipta Rasa terletak di sebelah utara Keraton Kasepuhan.
Masjid ini terdiri dari dua ruangan, yaitu beranda dan ruangan utama.
Untuk menuju ruangan utama, terdapat sembilan pintu, yang melambangkan
Wali Songo. Masyarakat Cirebon tempo dulu terdiri dari berbagai etnik.
Hal ini dapat dilihat pada arsitektur Masjid Agung Sang Cipta Rasa yang
memadukan gaya Demak, Majapahit, dan Cirebon.
Keterkaitan Syekh Quro dengan Raden Patah
Menurut Babad Tanah Jawi, Raden Patah
adalah putra Brawijaya raja terakhir Majapahit (versi babad) dari
seorang selir Tiongkok. Selir Tiongkok ini puteri dari Kyai Batong
(alias Tan Go Hwat). Karena Ratu Dwarawati sang permaisuri yang berasal
dari Campa merasa cemburu, Brawijaya terpaksa memberikan selir Tiongkok
kepada putra sulungnya, yaitu Arya Damar bupati Palembang. Setelah
melahirkan Raden Patah, putri Tiongkok dinikahi Arya Damar (alias Swan Liong), melahirkan Raden Kusen (alias Kin San).
Menurut Purwaka Caruban Nagari, nama asli selir Tiongkok adalah Siu Ban Ci, putri Tan Go Hwat dan Siu Te Yo dari Gresik. Tan Go Hwat merupakan seorang saudagar dan juga ulama bergelar Syekh Bentong (alias Kyai Batong) santrinya Syekh Quro.
Karawang pada masa Islam juga merupakan kawasan penting. Pelabuhan
Caravam yang sudah eksis sejak masa Kerajaan Sunda tampaknya terus
berperan hingga masa Islam. Salah satu situs arkeologi dari masa Islam
di Karawang adalah makam Syekh Quro. Menurut tulisan yang tertera pada
panil di depan komplek makam, Nama lengkap Syekh Quro adalah Syekh
Qurotul Ain
Keterkaitan Syekh Quro dengan Syekh Nurjati
Syekh Quro merupakan utusan Raja Campa. Secara geneologis, Syekh Quro dan Syekh Nurjati atau Syekh Datuk Kahfi
adalah sama-sama saudara seketurunan dari Amir Abdullah Khanudin
generasi keempat. Syekh Quro datang terlebih dahulu ke Amparan Jati pada
tahun 1338 Saka atau pada tahun 1416 Masehi.
Pada saat pendaratannya yang kedua di Karawang Syekh Quro datang ke
Karawang bersama para santrinya yakni Syekh Abdul Rohman, Syekh Maulana
Madzkur, dan Nyai Subang Larang yang ikut berlayar bersama rombongan
dari angkatan laut Tiongkok dari Dinasti Ming yang ketiga dengan
Kaisarnya, Yung Lo (Kaisar Cheng-tu). Armada angkatan laut tersebut dipimpin oleh Laksamana Cheng Ho alias Sam Po Tay Kam.
Mereka semua telah masuk Islam. Armada tersebut hendak melakukan
perjalanan melawat ke Majapahit dalam rangka menjalin persahabatan.
Ketika armada tersebut sampai di Pelabuhan Pura Dalem Karawang, Syekh
Quro (Syekh Hasanudin) beserta pengiringnya turun. Syekh Quro pada
akhirnya tinggal dan menyebarkan ajaran agama Islam di Karawang.
Kedua tokoh ini dipandang sebagai tokoh yang mengajarkan Islam secara
formal yang pertama kali di Jawa Barat. Syekh Quro di Karawang dan Syekh
Nurjati di Cirebon. Selain itu pada masa hidupnya antara Syekh Quro dan
Syekh Nurjati menjalin persahabatan sampai sekarang ini diantaranya
yaitu :
1. Syech Quro Karawang mengirimkan orang kepercayaannya yang bergelar
Penghulu Karawang ke Dukuh Pasambangan untuk menjalin persahabatan.
2. Ratna Sondari ( Puteri Ki Gedeng Karawang ) atau istrinya Syech
Quro Karawang memberikan sumbangan hartanya untuk mendirikan sebuah
masjid di Gunung Sembung ( Nur Giri Cipta Rengga ) yang bernama Masjid
Dog Jumeneng atau Masjid Sang Saka Ratu.
3. Syech Abdiulah Dargom alias Syech Darugem alias Syech Bentong dan
Syech Bayanullah ( Adiknya Syech Nurjati Cirebon ) setelah menunaikan
ibadah haji, mereka ( Syech Bayanullah dan Syech Bentong ) mendirikan
Pesantren Quro di Desa Sidapurna Kabupaten Kuningan Jawa Barat sekarang.
4. Cucunya Syech Ahmad dari Nyi Mas Kedaton yang bernama Musanudin, kelak Musanudin menjadi Lebai
atau pemimpin Masjid Agung Sang Cipta Rasa Cirebon pada masa
pemerintahan Susuhunan Jati atau Sunan Gunung Jati Cirebon. Sedang Syech
Ahmad itu sendiri merupakan anak dari Syech Quro Karawang dengan Ratna
Sondari putri Ki Gedeng Karawang.
5. Pengangkatan juru kunci di situs makam Syech Quro dikuatkan oleh pihak Keraton Kanoman Cirebon.
Referensi
- Syehk Quro Karawang Disparbud Prov. Jabar
- Biografi Syekh Nurjati IAIN Cirebon
- Sejarah Makam Syekh Quro Lemah Gandu
- Biografi Syekh Nurjati H. R. Bambang Irianto, BA dan Dra. Siti Fatimah, M.hum. 2009. Syekh Nurjati (Syekh Datul Kahfi) perintis Dakwah dan Pendidikan. Cirebon : Zulfana Cierbon
Post a Comment