KARAWANG MENGGOYANG DUNIA



Peringan hari jadi Kabupaten Karawang ke-386 pada 14 September 2019 lalu yang perayaannya ditandai dengan gelaran Festival Goyang Karawang Internasional 2019 mencatat sejarah baru bagi kabupaten yang dipimpin  dr. Cellica Nurrachdiana.



Pada gelaran festival yang penutupannya dilaksanakan pada hari ini Minggu (29/09) tersebut tersaji tarian massal yang berhasil menciptakan rekor MURI (Museum Rekor Dunia Indonesia). Tak hanya rekor nasional yang terpecahkan tetapi juga rekor dunia. Tarian massal tersebut diikuti 17.857 penari yang berasal dari berbagai unsur seperti pelajar, Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkab Karawang dan sanggar seni yang ada di Kabupaten Karawang.


Tak hanya itu prestasi yang diraih Pemkab Karawang. Gelaran Festival Goyang Karawang Internasional 2019 juga berhasil melibatkan penari dari 15 negara yakni Thailand, Laos, Australia, Vietnam, Malaysia, Singapura, Korea, Azerbaijan, Jepan, Negara Bagian California, Filipina, Meksiko, Madagaskar, Tiongkok dan Jerman.


Selain mempersembahkan kesenian khas dari daerahnya masing-masing, mereka juga dilibatkan menari bersama “Goyang Karawang” lengkap dengan busana penari goyang Karawang. Mereka terlihat antusias dan bangga mengenakan busana tradisional sunda itu.

Bupati yang juga pernah meraih predikat sebagai Wakil Bupati Termuda se-Indonesia pada periode 2010-2015 itu menegasakan Festival Goyang Karawang Internasional 2019 itu selain membuka mata dunia agar lebih banyak lagi wisatawan mancanegara yang datang ke wilayahnya juga dimaksudkan untuk menghapus stigmatisasi negatif “goyang karawang” dari makna erotis menuju makna historis-filosofis karena erat kaitannya dengan perjuangan masyarakat di Kabupaten Karawang kala itu saat merebut kemerdekaan.


Bupati berharap dengan menjadikan wilayahnya sebagai destinasi wisata di Indonesia, khususnya di Jawa Barat, maka kesejahteraan masyarakat pun dapat ditingkatkan.**Sapto Adiwiloso - Foto : Bonis/Wils Productions   

@diparbudkrwkab_
@disparbudjabar
@kemenpar
@officialgoyangkarawang
#officialgoyangkarawang
@cellicanurrachadiana

Tidak ada komentar