Keuntungan dan Manfaat Membeli Oleh-oleh




Karawang, JK-Mudik ke kampung halaman atau pergi jalan-jalan ke suatu daerah biasanya identik dengan oleh-oleh. "Jangan lupa oleh-olehnya ya….", ungkapan itu sering kita dengar saat akan mudik atau jalan-jalan. Sebagian orang masih menganggap oleh-oleh ini jadi hal wajib yang harus dibeli saat bepergian, namun sebagian lainnya ingin orang-orang Indonesia melupakan tradisi membawakan oleh-oleh.


Oleh-oleh biasanya identik dengan produk khas suatu daerah yang dibuat oleh perorangan maupun Usaha Kecil Menegah (UKM). Ternyata dengan kita belanja membeli oleh-oleh ada beragam keuntungan dan manfaat yang berdampak besar. Selain memberikan keuntungan dalam membantu menggerakkan perekonomian daerah juga membantu melestarikan produk-produk khas daerah. 

Dengan membeli makanan atau kerajinan khas, itu berarti kita sudah berkontribusi bagi penguatan ekonomi warga di tempat yang kita kunjungi. Beberapa yang mendapatkan manfaat saat kita membeli oleh-oleh diantaranya adalah para pengrajin yang membuat produk oleh-oleh, karyawan yang bekerja di tempat produksi maupun toko oleh-oleh, penyedia bahan baku, penyedia kemasan, pemilik toko, konsumen yang membeli oleh-oleh, penerima oleh-oleh termasuk Pemerintah Daerah. 

Keuntungan saat kita membeli oleh-oleh adalah melestarikan produk-produk khas daerah. Mungkin saat ini ada beberapa produk khas daerah yang sudah jarang kita temui karena jarang pembelinya sehingga tidak lagi produksi. Nah denga kita membeli produk-produk khas daerah tersebut dan kita jadikan sebagai buah tangan atau bingkisan akan mampu memperkenalkan produk tersebut secara luas.

Jadi jangan ragu menyisihkan sebagian alokasi dana traveling atau mudik kita untuk membeli oleh-oleh, karena dengan memberikan oleh-oleh berarti kita memberi kebahagiaan bagi yang menerima oleh-oleh tersebut. Memberikan oleh-oleh ini bisa kepada keluarga, kerabat, rekan kerja, atasan atau bos maupun bawahan kita, kolega atau klien bisnis dan lain-lain. Semakin banyak orang yang diberi oleh-oleh semakin banyak kita memberikan kebahagiaan.

Membeli oleh-oleh berarti kita mengurangi pengangguran, karena pusat-pusat produksi oleh-oleh akan menyerap banyak karyawan ini berarti mengurangi angka pengangguran. Daerah yang memiliki produk unggulan umumnya angka pengangguran rendah. 

Keuntungan lainnya akan mengurangi kemiskinan, dengan tumbuhnya usaha UKM dan produsen oleh-oleh maka akan banyak sektor perekonomian yang tumbuh, sehingga dengan meningkatnya pendapatan akan menurunkan angka kemiskinan. 

Yang paling utama adalah meningkatkan Pendapatan Daerah, karena para pelaku usaha yang tumbuh berkembang akan memberikan kontribusi positif bagi daerah selain menekan pengangguran juga dari dampak pertumbuhan perekonimian lainnya. Enterpreneur sedang digalakkan, namun klo hanya bisa bikin dan ga bisa jual, uangnya dapat dari mana. Sebagai warga yang baik, maka kita juga sesekali perlu berbelanja sari produk lokal, untuk menumbuhkna perekonomian daerah.

Jadi jangan ragu untuk beli oleh-oleh karena memberikan banyak keuntungan dan manfaat yang positif. Bila berkunjung ke Karawang jangan lupa mampir ke toko/outlet Oleh-oleh Singaperbangsa Karawang yang beralamt di Jalan Singaperbangsa No. 2 Karawang dekat kompek Pemda Karawang, lengkap produknya ada makanan, beras Karawang, batik Karawang, kerajinan, boneka keramik dan lain-lain. 

#umkmkuatbangsaberdaulat 
#karawangtandangmakalangan #oleholehkarawang

Tidak ada komentar