Tanggapi Kisruh Rotasi Kepsek, Pemerhati Sarankan Bupati Karawang Ganti Pejabat Struktural Disdik


Karawang, JK-Mutasi, rotasi dan promosi jabatan Eselon II, III dan IV di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karawang bersama dengan mutasi dan rotasi Kepala Sekolah (Kasek) Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) telah selesai di gelar. Namun bukan berarti tidak menyisakan persoalan.


Kali ini persoalan yang menjadi gaduh ke publik datang dari salah seorang pejabat di internal Pemkab Karawang sendiri. Di mana Kepala Bidang Sekolah Menengah Pertama (SMP) Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Karawang mengutarakan soal adanya ketidak beresan mengenai mutasi dan rotasi Kepsek SD dan SMP melalui media massa.

Tetapi, di satu sisi Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Karawang, Lukaman N Iras mengatakan, bahwa polemik di Disdikpora melihat memang ada praktek yang tidak wajar disana. Contoh misalnya penempatan orang di mutasi dan rotasi kemarin. Di mana seharusnya, prestasi dedikasi dan loyalitas itu sebagai prioritas namun tiba-tiba orang baru yang di tempatkan pada posisi strategis di mana perjalanannya juga belum jelas.", Ungkap Lukman.

Sementara di tempat terpisah, pemerhati politik dan pemerintahan, Andri Kurniawan ketika di minta pendapatnya terkait polemik mutasi dan rotasi Kepsek di Karawang, dengan nada santai mengatakan. "Informasi perihal kisruhnya mutasi dan rotasi Kepsek sudah saya baca beritanya di media yang narasumbernya Kabid SMP Disdikpora langsung, dengan judul yang lumayan cukup keras.", Jelasnya.

"Tetapi, di lain sisi Ketua KNPI Karawang mengutarakan pendapatnya, bahwasanya penempatan Kepsek hasil mutasi dan rotasi kemarin merupakan hasil dari Disdikpora Karawang, bukan produk Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) dan Badan Pertimbangaan Jabatan dan Kepangkatan (Baperjakat) Karawang.", Katanya.

"Dan memang untuk mutasi dan rotasi Kepsek merupakan produk Disdikpora, mekanismenya melalui pengajuan ke BKPSDM. Perihal apa yang di sampaikan Ketua KNPI, saya kira memiliki nilai objektifitas tinggi, dan ia pasti memiliki sample soal ketidak beresan mutasi serta rotasi Kepsek SD dan SMP di Karawang.", Yakinnya.

"Terlepas dari itu semua, yang saya sayangkan sikap reaktif Kabid SMP Disdikpora Karawang yang menyampaikan persoalan melalui ruang publik. Dia seorang pejabat struktural setingkat Eselon III B, tidak sepatutnya mengungkapkan hal seperti itu ke ruang publik.", Sesalnya.

"Kan jadi aneh, Disdikpora yang mengusulkan nama - nama Kepsek yang mutasi, tapi dia sendiri yang ribut. Segala ada bahasa mutasi Kepsek beraroma busuk.", Herannya 

"Ya walau pun Disdikorpa berhak mengusulkan mutasi dan rotasi Kepsek, tapi tetap harus di komunikasian dan di bahas dengan BKPSDM dan Baperjakat. Bukan malah menyodorkan draft matang sesuai selera di waktu yang mepet, yakni sehari sebelum proses pelantikan",

Ketika di tanya solusinya harus seperti apa dalam menyikapi polemik ini, Andri berpendapat. "Melihat polemik mutasi dan rotasi Kepsek ini, sudah sering kali terjadi. Saya rasa tidak cukup dengan evaluasi saja. Tapi BKPSDM, Baperjakat dan Bupati Karawang harus segera merombak pejabat struktural di Disdikpora Karawang.", Pungkasnya.

Tidak ada komentar