Satgas Citarum Harum Sektor 18 Bangun SPALD-T di Anggadita Karawang




Karawang-JK, Satgas Citarum Harum Kodam III Siliwangi, khususnya Sektor-18 terus melakukan inovasi dan pengembangan dalam mengembalikan kelestarian Sungai Citarum dengan membangun SPALD-T (Sistem Pengolahan Air Limbah Domestik Terpusat), mengingat seperti yang dikatakan oleh Kabid Wasdal DLHK Kabupaten Karawang, bahwa sumbangsih limbah yang terkontaminasi yang tertuju ke Sungai Citarum saat ini sebagian besar dari limbah domestik, beberapa waktu lalu di salah satu media online.



Pembangunan SPALD-T yang dilaksanakan Minggu siang tadi (25/7/2021) di Desa Anggadita, Kecamatan Klari Kabupaten Karawang, dipimpin oleh Pelda Omang, yang dibantu oleh beberapa anggota Satgas Citarum Harum Sektor-18, tentunya dengan penerapan Prokes (Protokol Kesehatan) yang ketat, dan kegiatan tersebut berjalan lancar.



Dalam kegiatan tersebut dijelaskan oleh Pelda Omang, IPAL (Instalasi Pembuangan Air Limbah) Komunal ini memiliki panjang 8 Meter, dengan Lebatlr 4,7 Meter dan kedalaman 3,15 - 3,30 Meter.


Untuk pengerjaannya sendiri, Pelda Omang menerangkan bahwa di Hari minggu ini sedang membuat galian jaringan dan pemasangan pipa limbah di RT 006/003 Dusun Sukajaya, Desa Anggadita, Kecamatan Klari Kabupaten Karawang.



Pelda Omang berharap, dengan adanya SPALD-T ini nantinya limbah - limbah cair domestik yang datang dari masyarakat sekitar dapat tertampung terlebih dahulu di SPALD-T sebelum nantinya mengalir ke Sungai Citarum, setelah dilakukan penyaringan terlebih dahulu di SPALD-T tersebut.



"Sehingga air yang mengalir ke Sungai Citarum benar - benar bersih dan tidak tercemari limbah domestik dari warga sekitar,"ucapnya.

Tidak ada komentar