PT. DIC Graphic kena Sidak Satgas Citarum Harum Sektor 18, ini Faktanya!



Karawang-JK, Disamping melakukan pengembangan optimalisasi Sungai Citarum agar menjadi Serambi depannya seluruh Kota dan Kabupaten yang ada di Kabupaten Karawang, dengan melakukan pengembangan - pengembangan potensi yang bisa digali dari adanya Sungai Citarum, Komandan Sektor-18 Satgas Citarum Harum Kodam III Siliwangi, Kolonel.Infanteri.Moch Ridwan,.S.Ip,. Tetap fokus dalam mengawasi pembuangan - pembuangan limbah cair perusahaan yang ada di wilayahnya.



Hal tersebut diupayakannya selain dengan melakukan sidak - sidak (Inspeksi mendadak) rutinnya yang dilakukan secara acak dengan penjadwalan spontanitas, Ia juga sering kali terjun ke lapangan sekedar untuk mengetahui secara langsung kondisi IPAL (Instalasi Pengolahan Air Limbah) perusahan - perusahaan yang ada di wilayahnya tersebut.





Salah satunya pengecekan tersebut dilakukannya di PT.DIC GRAPHIC yang berlokasi di Desa Anggadita, Kecamatan Klari, Kabupaten Karawang, didampingi langsung oleh Harwi selaku Kepala Engineering PT.DIC GRAPHIC. Kol.Inf.Moch Ridwan mengecek Pembuatan Qualifier IPAL Perusahaan tersebut.



Pembuatan Qualifier IPAL tersebut dikatakan oleh Harwi atas dasar kapasitas produksi di perusahaannya semakin meningkat sehingga limbah cair yang dihasilkan semakin besar, akibatnya kapasitas pengolahan air limbah yang disiapkan harus lebih besar dari yang biasanya, agar proses pengolahan air limbah menghasilkan buangan yang tidak mencemari Sungai Citarum, dan tentunya air yang dihasilkan dari limbah cair tersebut sesuai dengan baku mutu yang telah ditetapkan.



Dengan adanya upaya pengoptimalan kualitas limbah cair yang dilakukan oleh PT.DIC GRAPHIC tersebut, Kol.Inf.Moch Ridwan tentunya mengapresiasi perusahaan yang telah berupaya untuk menjaga kelestarian alam tersebut, khususnya terhadap kebersihan Sungai Citarum.



Ia berharap agar apa yang telah dilakukan oleh PT.DIC GRAPHIC tersebut dapat dicontoh oleh perusahaan lainnya, yang tidak mengorbankan lingkungan demi keuntungan material semata, dengan memperhatikan semua yang sebenarnya sudah menjadi kewajibannya, salah satunya memperhatikan IPAL yang ada di perusahaannya, agar air yang dihasilkan dan yang nantinya mengalir ke sungai, tidak mencemari sungai tersebut.



"Tentunya kami Satgas Citarum Sektor-18, tidak akan segan - segan menindak tegas siapapun yang dengan sengaja ataupun tidak sengaja, mencemari Sungai Citarum yang selalu kami jaga kelestariannya, dan hal tersebut telah kami lakukan dengan menutup sementara Outfall - outfall oknum perusahaan yang telah terbukti membuang limbah cairnya aliran sungai, tidak sesuai dengan baku mutu yang telah ditetapkan,"tegasnya.

Tidak ada komentar