Respon Cepat Ditunjukan Kol.Inf.Moch Ridwan dan DLHK Antisipasi Pencemaran Sungai Citarum.





Karawang-JK, Dengan adanya laporan dari masyarakat sekitar, terkait adanya busa di aliran Sungai Citarum tepatnya di sekitar Desa Parungmulya, Selasa sore kemarin (7/9/2021) Komandan Satgas Citarum Harum Sektor-18, Kolonel.Inf.Moch.Ridwan,.S.Ip,. Langsung mengintruksikan jajarannya untuk melakukan penyisiran disekitar area tersebut.



Namun Saat penyisiran dilakukan oleh jajaran Satgas Citarum Harum Sektor-18, yang dipimpin oleh Serma Mulyana selaku Baops (Bintara Operasional) Satgas Citarum Harum Sektor-18, dan dibantu oleh Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan pimpinan H.Wawan Setiawan selaku Kepala Dinas LHK Kabupaten Karawang, tidak menemukan di area tersebut.




Dalam penyisiran tersebut dikatakan oleh Serma Mulyana, Ia bersama jajarannya memantau seluruh Outfall para perusahaan yang terhubung langsung ke aliran sungai Cisubah (Anak Sungai Citarum), namun Ia tidak menemukan kejanggalan di semua Outfall perusahaan yang Ia pantau tersebut.




Bahkan bukan hanya Outfall - outfall perusahaan yang terhubung langsung ke aliran Sungai Citarum, tapi Drainase yang berasal dari pembuangan limbah domestik masyarakat setempat-pun tidak luput dari pantauannya tadi siang, namun lagi - lagi tidak ditemukannya aliran air yang mencurigakan.




"Setelah kami cek satu persatu seluruh Outfall dari perusahaan yang ada di sini, tidak ada satupun outfall yang mengeluarkan air yang mengandung busa dari laporan yang diterima Selasa sore kemarin,"ucapnya.



Ia juga berterima kasih kepada warga yang telah berpartisipasi dan melaporkan hal - hal yang mencurigakan kepada Satgas Citarum Harum khususnya Sektor-18, karena hal tersebut merupakan masukan sekaligus bekal bagi Satgas Citarum Harum dalam menjaga Sungai Citarum agar tetap bersih dan tidak tercemar.



"Semoga semua pihak bisa proaktif seperti ini, dengan adanya kerja sama yang baik dari masyarakat, kami Satgas Citarum Harum bisa lebih optimal dalam menjaga kebersihan Sungai yang menjadi kebanggaan masyarakat Jawa Barat ini,"ungkapnya

Tidak ada komentar