BUMDes Mekarbuana jadikan Kopi sebagai Komoditi Masyarakat



Karawang-JK, Berawal dari melimpahnya hasil produksi Biji Kopi di Desa Mekarbuana Kecamatan Tegalwaru Kabupaten Karawang, yang tadinya hanya dijual begitu saja kepada para pengepul, atas inisiatif Jazi Maryono yang merupakan Kepala Desa Mekarbuana Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Karawang, dengan mengolah biji kopi tersebut menjadi kopi siap saji dan bisa langsung dipasarkan kepada masyarakat sebagai konsumsi sehari - hari.



Hal tersebut disampaikan oleh Sekertaris Desa dan Bendahara BUMDES-nya, Rabu siang tadi (8/9/2021), di Cafe milik Bumdes Desa Mekarbuana, Kecamatan Tegalwaru Kabupaten Karawang, sambil menikmati aroma Kopi yang memiliki ciri-khas Gunung Sanggabuana Karawang.


Bahkan dikatakan oleh Jay Saripudin selaku Bendahara BUMDES (Badan Usaha Milik Desa) saking melimpahnya, satu tahun biji kopi yang dihasilkan di Desa Mekarbuana ini bisa mencapai 100 Ton pertahun, tapi dengan adanya pengolahan biji kopi di desanya tersebut, saat ini desa Mekarbuana bisa memanfaatkan 10%-nya dengan memproduksi langsung kopi siap saji, dengan nama "KOSA" Kopi Sanggabuana, yang menjadi "Trade Mark" Desa yang kental dengan sektor Pariwisata alamnya tersebut.



"Sebenarnya produksi Kosa (Kopi Sanggabuana) ini sudah bertahun - tahun, bahkan sudah banyak dikenal di semua kalangan masyarakat, termasuk para pejabat di Kabupaten Karawang,"ucapnya.



Lanjut Bendahara Bumdes ini mengatakan, Namun hal tersebut saat ini masih terkendala dengan adanya Pandemi Covid-19, sehingga para pariwisata yang datang ke Cafenya tersebut sangat menurun drastis.



Walaupun demikian, Ia beserta teman BUMDES-nya yang lain, tidak patah semangat memasarkan produk kebanggaan desanya tersebut, dengan memasarkannya ke Cafe - cafe yang sudah ada jalinan kerja sama dengannya juga memasarkan secara konvensional ke pasar - pasar bahkan ke warung - warung yang ada di Kabupaten Karawang.



Ia juga yakin dari melihat pangsa pasar saat ini, bahwa Kosa ini bisa semakin berkembang untuk kedepannya, karena menurutnya saat ini masyaraka/wisatawan yang berkunjung ke destinasi pariwisata yang ada di Mekarbuana, sudah pasti berkunjung ke Cafe ini hanya untuk sekedar merasakan nikmatnya Kopi Sangga buana ini.



"Salah satu contoh kemarin waktu ada kunjungan Ibu Kajari Karawang, Beliau berkunjung ke Cafe ini dan memborong Kopi Sanggabuana ini karena memang rasanya yang memiliki ciri-khas tersendiri dari Kopi - kopi Robusta lainnya,"ucapnya.



Ia berharap Kosa ini bisa semakin dikenal luas oleh masyarakat, dan menjadi Kopi andalan yang ada di Kabupaten Karawang.

Tidak ada komentar